SELAMAT DATANG

bias-kasih mengucapkan " Terima kasih banyak untuk sahabat terkasih yang sudah berkenan meluangkan waktu untuk membuka konten ini." Tuhan memberkati sahabat semua di manapun berada.


Selasa, 07 Mei 2013

REFRENSI PUSTAKA ANDA


KESEMPURNAAN by: Pdt PETRUS AGUNG PURNOMO


Saudara ingat  akan adanya orang-orang yang menikmati Transfer of Wealth atau pemindahan kekayaan bangsa-bangsa. Saya mau mengajak anda melihat lagi dari awal, yang pertama siapa? Abraham, yang kedua? Ishak, yang ketiga? Yakub, yang ke empat? Yusuf, yang ke lima?, Israel, yang ke enam? Salomo, yang ke tujuh?.....O right.

Saudara satu hari ada seorang yang cerita dengan saya, dan beliau berkata “ pak tadi malam saya bermimpi “,  ini mimpi ya, dan dia berkata “ tapi ini bukan seperti mimpi tapi seperti pengalaman yang real sekali “,  dan pengalaman itu dia berkata “ saya ngobrol dengan bapak “ dan kemudian bapak berkata begini “ dari semua yang terima transfer of wealth, sebagian besar bahkan mungkin dapat dikatakan semua, terjadi oleh karena peran satu wanita “.

Saya waktu dengar dia cerita begitu saya bingung, “ masa sih “, dia berkata “ dari semua yang terima transfer of wealth, hampir semua bahkan dapat dikatakan hampir semua, itu terjadi oleh karena peran satu orang wanita “. Saya hanya jawab singkat tapi kemudian saya renungkan akan mimpi itu. Saya ketika menerima itu saya hanya berkata “ wah itu ajaib “, tapi kemudian saya doakan, saya ngomong begini “ Tuhan ini mimpi, hanya mimpi-mimpi toh atau benar dari Tuhan, apakah betul bahwa sebetulnya wanita itu mempengaruhi sebegitu rupa sehingga terjadi transfer kekayaan yang luar biasa “.

Lalu saya coba renungkan, saya lihat di alkitab, saya menemukan fakta yang ajaib sekali. Coba kita lihat ceritanya di alkitab nanti anda buat study ya ini menarik.

Yang namanya Abraham terima kekayaan karena siapa?, karena Sarah mau diambil oleh Firaun, iya toh, lalu kemudian Firaun memberikan harta dalam bentuk ternak yang sangat banyak kepada Abraham. Jadi betul Abraham itu terima tranfer kekayaan karena peran atau faktor wanita.

Yang kedua Ishak, Ishak juga sama, ketika urusan dia di depan Abimelekh tentang Ribkah selesai, maka kemudian alkitab berkata Ishak itu mulai menabur dan tahun itu juga ia menuai 100 X ganda. Dia sedang ada ditanah orang Filistin, dan dibangsa lain dia juga mendapat tuaian yang luar biasa karena faktor satu wanita.

Bagaimana dengan Yakub, anda harus mengerti, Yakub kerja keras di Padan Aram, ditempatnya Laban bukan karena dia suka kerja keras pada mulanya, dia kerja keras 7 tahun demi mendapatkan seorang wanita namanya Rachel. Rachel membuat seorang Yakub bersedia kerja bakti tidak dibayar 14 tahun lamanya, anda bisa bayangkan itu, cinta yang sangat ajaib.

Lalu anda bertanya “ Yusuf pak? “, jangan lupa walaupun tidak bagus Tante Potifar, dialah yang bagaimana pun membuat Yusuf itu masuk penjara, dan dipenjara itulah kemudian dia bertemu dengan juru minuman raja yang membawa dia kehadapan Firaun dan kemudian dia menikmati kekayaan bangsa Mesir.

Jadi kita melihat Abraham, Ishak, Yakub, ketiga-tiganya karena peran wanita. Yusuf karena soal wanita, Salomo..., Salomo memang punya banyak wanita tapi satu wanita membawa harta sangat banyak buat dia, namanya Ratu Syeba. Alkitab mengatakan sejak saat itu tidak ada lagi orang memberikan rempah-rempah sebanyak yang dibawa oleh Ratu Syeba. Jadi Salomo ini karena wanita.
Terus terang saya belum menemukan yang orang Israel, saya ingat-ingat apakah ada peran wanita yang menonjol sih ketika orang Israel keluar dari Mesir dan kemudian membawa jarahan yang banyak. Tapi tiba-tiba pak Wong BB saya dan dia BB satu ayat dan saya mau bacakan buat saudara.

Kalau Abraham, Ishak, Yakub, Yusuf, Salomo, peran satu wanita kalau zaman Israel itu lebih gawat lagi rombongan wanita ternyata. Mari kita lihat Keluaran pasal 3 ayat 21 - 22, kita ini belum bahas yang sebenarnya, nanti kita bahas Yakub, saya mau ajak anda melihat kebenaran ini :

Exo 3:21  Dan Aku akan membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa ini, sehingga, apabila kamu pergi, kamu tidak pergi dengan tangan hampa,
Exo 3:22  tetapi tiap-tiap perempuan harus meminta dari tetangganya dan dari perempuan yang tinggal di rumahnya, barang-barang perak dan emas dan kain-kain, yang akan kamu kenakan kepada anak-anakmu lelaki dan perempuan; demikianlah kamu akan merampasi orang Mesir itu."

Jadi zaman Israel yang merampasi itu bukan lakinya, siapa? Perempuan. Kalau ada suami mengeluh “ pak istri saya ini kok mintain duit terus “, nah itu kira-kira keturunan Yahudi zaman exodus anda dianggap Firaun berarti. Kalau istrimu terlalu banyak minta uang, “ eh aku bukan Firaun, aku Musa aku Musa “.  Sebab kalau dia melihat anda sebagai Firaun habislah anda dirampasi. Peran wanita itu dashyat.

Pada waktu mereka di padang gurun akhirnya mereka harus membawa persembahan untuk membangun akan kemah suci yang di zaman Musa. Anda tahu yang bergerak siapa?, coba kita lihat satu ayat lagi. Saudara saya kemaren dapat ayat dari pak Stefanus, jadi kalau ada suami-suami yang marah dia didepan ini.

Coba kita buka Keluaran pasal 35, pak Stefanus sudah mempelajari peranan wanita. Keluaran 35 : 21 – 22 ini waktu mereka membawa persembahan untuk membangun akan kemah suci di padang gurun di zaman Musa, dikatakan :

Exo 35:21  Sesudah itu datanglah setiap orang yang tergerak hatinya, setiap orang yang terdorong jiwanya, membawa persembahan khusus kepada TUHAN untuk pekerjaan melengkapi Kemah Pertemuan dan untuk segala ibadah di dalamnya dan untuk pakaian kudus itu.
Exo 35:22  Maka datanglah mereka, baik laki-laki maupun perempuan, setiap orang yang terdorong hatinya, dengan membawa anting-anting hidung, anting-anting telinga, cincin meterai dan kerongsang, segala macam barang emas; demikian juga setiap orang yang mempersembahkan persembahan unjukan dari emas bagi TUHAN.

Saudara ketika di teliti kata ayat ke 22 ini, sebenarnya terjemahan hurufiahnya begini  The man in on the woman , jadi begini : Pria itu datang digendong oleh wanita , terjemahan hurufiahnya. Jadi soal memberi ternyata wanita lebih antusias dan harus gendong yang pria. Berapa banyak istri mengeluh “ pak saya tidak bisa ngasih perpuluhan, kenapa?, engga boleh sama suami “, “ pak saya mau ngasih persembahan tapi suami saya marah-marah “,”  pak saya ingin memberikan janji iman, suami saya ngamuk, janjimu padaku tidak kau tepati kok kamu janji lagi “, “ selalu ada alasan untuk suami saya mencegah saya memberikan persembahan “. Harus anda gendong karena ayatnya berkata seperti itu. So siapa yang wanita? angkat tangan sekali lagi, anda adalah mahluk yang ajaib dan kuat dan diberkati Tuhan, tepuk tangan untuk para wanita pada hari ini, terima kasih banyak.

                                                 DIBERKATI UNTUK MENJADI BERKAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar